Apa fungsi per dan shock pada mobil
Jawaban:
Fungsi per adalah meredam getaran yg di akibatkan oleh permukaan jalan yg tidak rata sedangkan shock berfungsi sebagai peredam getaran per maka terjadi oscilation maka di butuhkan shockbreker
▼
Rabu, 23 Oktober 2019
Senin, 21 Oktober 2019
Mengapa motor 4 tak yg lebih berkembang dibandingkan motor 2 tak
Karena motor 4 tak lebih irit daripada motor 2 tak dan motor 4 tak tidak berasap dan ramah lingkungan dibandingkan motor 2 tak
Minggu, 20 Oktober 2019
Cara kerja mesin 4 tak
Cara kerja motor 4 tak
Langkah hisap
Pada langkah hisap, piston bergerak dari TMA (Titik Mati Atas) ke TMB (Titik Mati Bawah). Pada saat ini katup hisap terbuka dan katup buang tertutup. Ketika piston bergerak turun dari TMA ke TMB maka akan terjadi kevakuman di ruang silinder sehingga campuran udara dan bahan bakar akan dihisap masuk ke dalam silinder melalui katup hisap.
Langkah kompresi
Pada langkah kompresi, piston akan bergerak dari TMB ke TMA. Pada saat ini katup hisap dan katup buang akan menutup. Akibat gerakan naik piston yaitu dari TMB ke TMA maka campuran udara dan bahan bakar akan ditekan atau dikompresikan oleh piston. Akibat adanya tekanan atau kompresi campuran udara dan bahan bakar oleh piston maka akan terjadi kenaikan tekanan dan temperatur pada campuran udara dan bahan bakar sehingga campuran tersebut akan lebih mudah terbakar.
Langkah usaha
Pada langkah usaha, piston akan bergerak dari TMA ke TMB. Pada saat ini katup hisap dan katup buang masih dalam keadaan menutup. Ketika piston hampir mencapai TMA, busi memercikkan bunga api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yag telah dikompresikan sehingga akan menghasilkan ledakan pembakaran yang akan digunakan sebagai tenaga gerak.
Langkah buang
Pada langkah buang, piston akan bergerak dati TMB ke TMA. Pada saat ini katup hisap akan menutup dan katup buang akan membuka. Ketika piston bergerak dari TMA ke TMA maka piston akan menekan gas hasil pembakaran ke luar dari ruang silinder melalui katup buang.
Keempat langkah tersebut akan terjadi berulang-ulang ketika mesin hidup sehingga menjadi siklus kerja dari motor 4 tak.
Cara kerja motor 2 tak
Sepeda Motor 2 Tak
Langkah kerja Motor 2 Tak Yaitu :
- Pison bergerak dati TMB menuju Ke TMA : di bawah torak terjadi langkah Isap( pemasukan bahan bakar dari karburator ke ruang poros engkol). Sedangkan diatas torak terjadi langkah kompresi dan langkah pembakaran
- Piston Bergerak dari TMA menuju Ke TMB : diatas torak terjadi langkah buang dan usaha, Sedangkan dibawah torak terjadi langkah pembilasan( pemasukan bahan bakar baru yang ditampung dari ruang poros engkol menuju ke ruang bakar melalui saluran bilas)
Sepeda Motor 2 Tak
Sepeda motor 2 tak adalah sepeda motor yang bermesin 2 langkah, artinya dalam satu siklus kerja dibutuhkan dua langkah, yaitu langkah isap dan langkah buang. Dengan kata lain, mesin 2 tak merupakan mesin yang memiliki siklus kerja dua gerakan piston dalam satu kali putaran poros engkol. Titik tertinggi yang di capai piston disebut titik mati atas (TMA).Dan titik terendah yang dicapai piston disebut titik mati bawah (TMB). Gerakan seher dari TMB ke TMA disebut satu langkah piston (stroke) atau sama dengan setengah putaran poros engkol.
- Langkah Isap (Up Ward Stroke)
Pada langkah isap piston bergerak naik dari TMB menuju TMA.Pada saat piston di posisi TMB, bahan baker yang berada dibawah piston didorong dan keluar dari saluran pembilasan. Proses selanjutnya, bahan baker yang keluar dari saluran pembilasan didorong piston sampai mencapai posisi TMA. Pada saat hamper mencapai TMA, piston menutup saluran pembuangan dan saluran pembilasan. Akibatnya, saluran pemasukan bahan baker terbuka yang menyebabkan bahan baker secara otomatis masuk melalui saluran pemasukan di bawah piston.Bahan baker yang telah ada disilinder di tekan naik oleh piston sampai mencapai posisi TMA. Tekanan di silinder meningkat, kemudian bunga api dari busi membakare bahan baker dan udara menjadi letusan.
- Langkah Buang (Down Ward Stroke)
Letusan tersebut menghasilkan tenaga yang digunakan untuk mendorong piston bergerak turun dari TMA menuju TMB. Piston bergerak turun akan mendorong bahan baker yang telah berada di bawah piston menuju saluran pembilasan. Saat piston bergerak turun saluran buang dan saluran pembilasan dalam keadaan terbuka. Gas sisa pembakaran akan terdorong keluar melalui saluran pembuangan menuju knalpot akibat desakan bahan baker dan udara yang masuk dalam silinder melalui saluran pembilasan. Dengan terbuangnya gas sisa hasil pembakaran, kerja mesin 2 tak selesai untuk satu proses kerja (siklus). Proses up ward stroke dan down ward strokeakan terus bekerja silih berganti.